Basketball is More Than a Game

IT’S JUNIO TIME!!! Yap, sekolah tercinta kita ini kembali mengikuti ajang bergengsi yang diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia. Ajang yang mana lagi kalau bukan JRBL!!! Junior Basketball League ini telah diikuti oleh SMPN 1 Sedati sejak dulu. Dengan adanya ekstrakurikuler basket di sekolah, SMPN 1 Sedati mampu menciptakan generasi pemain basket yang siap tanding di ajang yang memiliki media partner “Good Day” ini. JRBL dapat diikuti oleh seluruh siswa dan siswi yang berbakat dalam dunia basket di tingkat SMP. Selain basket, JRBL juga mengadu para tim dance modern maupun tradisional yang diadakan oleh Good Day dalam “Good Day Good Dance Competition”. JRBL yang diselenggarakan di Surabaya ini bertempat di Jl. Jendral Ahmad Yani No.88, Ketintang, Gayungan, Surabaya. Gedung ini bertuliskan “DBL Arena” yang sekaligus menjadi tempat untuk DBL Academy Basketball School yang kebetulan, salah satu siswa di sekolah kita ada yang mengikutinya.

Lalu, apa kabar dengan SENSE? Yap, jauh-jauh hari sebelum JRBL dimulai, mereka telah berlatih dengan tekun.Tahun ini, tim basket putra dan tim basket putrid ikut bertanding.Tim putra yang mengikuti M. Dani (III-3), GraffidBuana (III-6), Farhan Dito (III-8), Sultan Agung (V.9), AgwaDiffa (III-4), EuricoVernanda (V.3), Avghan Ramadhan (V.1), Raditya WP (III.5), Gio Fernanda (III.5),Rindo Y (III.10), Arya Fadhil (III.5) sedangkan pemain putrid ada Mirza NW (V.2), Hanum Surya (III.9), AdindaPutri (III.10), Mutiara LM (III.4), Kirana Sarah (V.7), Annisa Aliem (V.7), Rifa Zahra (III.8), Salsabila Mona (III.10), NilnaAgnia (III. 7 ), Salsa Adelia (III.8).

Disamping mempersiapkan segala berkas dan persyaratan yang harus mereka kumpulkan sebagai bukti pendaftaran di DBL Arena, mereka tetap berlatih 3-4 hari dalam seminggu. Mereka berlatih bisa sampai 2-3 jam sehari di lapangan basket sekolah kita ini. Ternyata, selain latihan mereka juga dihimbau agar menghindari makanan pedas, danes, serta tidak tidur larutmalam. Menurut coach basket mereka, pantangan itu semata hanya untuk memepersiapkan diri agar tidak mudah erkena penyakit dan siap untuk bertempur saat JRBL dimulai.Mereka telah membuat strategi yang akan diadu oleh lawan main mereka. Tak hanya itu, mereka juga yakin akan membanggakan nama sekolah dengan hasil kerja sama tim basketnya. Tidak hanya tim basket saja yang mempersiapkan diri. Tim dance kesayangan kita SDT1DC juga telah mendaftar dan mempersiapkan segala sesuatunya. Mereka berlatih dengan tekun dan aktif, agar bisa tampil dengan maksimal saat “Dance Competition”. Tim dance yang mengikuti, Prisca Allysa (V.5), ShafiraAmalia (III.8), Nathania Shinja (V.6), PuputYuridha (III. 8), Shafira AM (V.8), Shinta P (III.6), Evelin Mariati (III.9), Celine Firsti (V.5) dan DiandraGema (III.9)

Selang beberapa minggu, hari yang dinanti telah datang. Selasa, 20 September 2016 merupakan pembukaan JRBL 2016. Seluruh pemain tim basket putra putri (22 orang) dan tim dance (9 orang) telah siap untuk bertanding di ajang bergengsi ini. Jadwal dan poin mereka adalah sebagai berikut:

No.

Jadwal Nama Score Score

Nama

1.

21 September 2016

SMPN 1 Sedati (P)

6

13

SMPN 30 Surabaya (P)

2.

24 September 2016

SMPN 1 Sedati (L) 14 19

SMPN 12 Surabaya (L)

3.

25 September 2016

SMPN 1 Sedati (P) 9 2

SMPN 31 Surabaya (P)

4.

27 September 2016

SMPN 1 Sedati (L) 21 12

SMP CitaHati West Surabaya (L)

5.

29 September 2016

SMPN 1 Sedati (P) 7 10

SMPN 19 Surabaya (P)

6. 2 Oktober 2016 SMPN 1 Sedati (L) 21 18 SMP Santo Yosef Surabaya (L)

 

Walaupun kemenangan tidak sepenuhnya di tangan mereka, mereka tetap bangga berkat perjuangan dan usaha kerasnya. Tim dance juga demikian, walaupun leader dance mereka tidak dapat mengikuti ajang ini karena sakit, mereka tetap energik dan berekpresi ceria. Seluruh pemain basket telah bermain dengan maksimal. Dengan seluruh perasaan tegang, gugup, bahagia dan semangat yang menyelimuti mereka, tim basket SMPN 1 Sedati mampu menunjukkan aksi yang mendebarkan Supporter “SENSE MANIA”. Loh “SENSE MANIA” itu apa? He he he kalau mau tahu jawabannya, lihat di artikel khususnya saja. Di antara gemuruh suara supporter kita dan supporter sekolah lain, membuat semangat tim basket SMPN 1 Sedati semakin membara di lapangan tersebut.Kelas 9 tim putri yang mengikuti pertandingan ini merasa sedikit grogi di match pertama,  walaupun tahun lalu sudah pernah bertanding.

Mereka mengaku, sangat senang sekaligus kagum bisa didukung oleh supporter hamper seluruh siswa dan siswi SMPN 1 Sedati. Memang, tahun lalu tak ada kejutan yang menarik seperti ini, tapi tahun ini, berbekal niat dan tekad, akhirnya sekolah kita mampu membanggakan almamater. Walaupun hanya sampai pada babak penyisihan, tim basket SMPN 1 Sedati tak pernah patah semangat apalagi takut untuk mencoba kembali. Mereka telah berusaha dan berdoa kepadaTuhan Yang MahaEsa agar semua diberi kelancaran dan kemudahan dalam bertanding. “Di ajang lomba kita bukan sekedar main dan cetak poin, ,tetapi kita selalu mengingat kalau disitu untuk mengangkat nama baik sekolah dan perjuangan supporter” ungkap Avghan, salah satu pemain basket, dari SMPN 1 Sedati. Selang beberapa hari salah satu pemain SENSE diangkat di “JawaPos (sportainment)” dan terbukti telah membanggakan sekolah. Dengan kemenangan atas SMP CitaHati West, SMPN 1 Sedati mampu menjadi sorotan publik di salah satu halaman media cetak tersebut.

Seluruh pemain SENSE beraharap pada tahun-tahun berikutnya, tim basket SENSE mampu berusaha lebih keras dari tahun ini, dan bisa melaju ke babak final party dalam ajang bergengsi JRBL.Aamiin.   –MutiaraRJ

Share