Ekstrakurikuler Biola Merintis Orkestra

biola smp negeri 1 sedati

oleh : Bpk Suwandi

Pembelajaran Seni Budaya merupakan proses pendidikan oleh rasa membentuk pribadi harmonis, dan membutuhkan multi kecerdasan. Demikian khususnya pada mata pelajaran seni music khususnya pada Kompetensi dasar memainkan alat music lebih dari satu jenis  yang dimainkan bersama-sama, akan membutuhkan penataan yang harmoni, selaras, tidak selalu tumpang tindih sehingga menjadi satu kesatuan suara yang indah enak didengar. Proses pembelajaran Seni Budaya di Sekolah bertujuan mengembangkan kemampuan siswa untuk memahami dalam konteks ilmu pengetahuan, tehnologi, dan social sehingga dapat berperan dalam pengembangan peradaban dan kebudayaan, dan pembelajaran di tingkat pendidikan dasar dan menengah bertujuan mengembangkan kesadaran seni dan keindahan meski tidak semata-mata dimaksudkan untuk membentuk siswa untuk menjadi seniman namun lebih menitikberatkan pada sikap dan prilaku kreatif.

Biola merupakan alat music gesek yang dimainkan dengan cara digesek yang lazim digunakan di dalam sebuah orchestra untuk music klasik maupun dimainkan denganformat lain untuk jenis music tertentu misalkan music keroncong, pop, jazz, blues, hingga rock.

band smp negeri 1 sedati

Jenis alat music ini juga sering digunakan untuk memainkan music tradisional dengan menggunakan perangkat music tradisional misalkan gamelan. Sering kali suara biola dipilh dan digemari untuk menghasilkan nuansa yang syahdu dan menggambarkan suasana romantic atau kesedihan, namun biola juga dapat menghasilkan susana yang ceria atau mengekpresikan emosi yang lainnya.

Demikian pada umumnya, instrument biola tidak sepopuler gitar atau piano. Selain lebih sulit untuk dipelajari, biola berbeda dengan gitar dan piano yang dapat digunakan memainkan melodi dan irama ataupun keduanya secara bersamaan. Biola hanya dapat digunakan memainkan melodi, sehingga membutuhkan alat music yang lain untuk mengiringinya. Meskipun demikian biola tetap dapat dimainkan secara solo dengan indah. .  Hal itulah yang menyebabkan secara umum pemain-pemain biola terkenal dengan pribadi-pribadi yang halus dan genius.

Dari uraian tersebut di atas itulah, SMP negeri 1 Sedati melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler untuk mendukung matapelajaran intrakurikuler Seni Budaya Seni Musik yaitu disamping Band juga biola yang ketika bermain bersama-sama akan bereksplorasi menjadi satu kesatuan orchestra.

Share