Hari Raya Qurban 1437H

Darah di mana-mana ! mengapa ya? apa ada tawuran? apa teroris ? Tenang cuma sembelihan dan darahnya juga darah sapi kok ha ha ha. Idul Adha atau Idul Qurban tahun ini dilaksanakan saat H+1 Idul Adha atau pada hari Selasa, 13 September 2016. Qurbannya tidak hanya berupa sapi, namun juga ada beberapa kambing. Terdapat 4 sapi dan 6 kambing yang berasal dari qurban dari murid-murid SMPN 1 Sedati secara mandiri dan juga partisipasi para bapak-ibu guru.

Sembelihannya diadakan di halaman belakang sekolah sama seperti tahun lalu. Sembelihan pertama dengan qurban sapi dimulai saat waktu istirahat atau kurang lebih pukul 09.45 WIB, sehingga terdapat banyak sekali murid SMPN 1 Sedati yang menyaksikannya. Entah hanya melihat, mendokumentasi, ataupun memfoto untuk tugas. Penyembelihan pertama ini dilakukan oleh kurang lebih 4 orang. Sekitar jam 12.00 WIB datang beberapa orang lagi yang nantinya akan menyembelih kambing serta membantu menyembelih sapi. Penyembelihan kambing yang pertama kurang lebih disembelih pada pukul 12.15 WIB. Penyembelihan kambing lebih cepat selesai daripada penyembelihan sapi karena perbedaan berat tubuh serta kambing juga tidak banyak memberontak.

Penyembelihan sapi terakhir kurang lebih pada pukul 11.37 WIB dan penyembelihan kambing yang ke-5 kurang lebih pada pukul 13.10 WIB mengalamai sedikit insiden. Seperti sapi yang mengamuk, sering memberontak saat akan disembelih, saat sudah disembelih sapi itu masih mengangkat kepala, menjatuhkannya dengan keras ke tanah dan ke pohon. Sedangkan si kambing walaupun sudah disembelih dia masih berlari sehingga membuat yang menyembelihnya kesusahan dan terseret. Tetapi itu semua dapat diatasi dengan cepat.  Selain itu para pengurus OSIS juga ikut serta membantu mengangkat daging-daging sapi yang baru saja dipotong untuk dibawa ke laboratorium biologi untuk dipotong, ditimbang, dibersihkan, dan dikemas. Sebagian lagi anggota OSIS juga membantu bapak ibu guru yang berada di laboratorium biologi untuk memotong dan menimbang daging.

   Sedangkan pembersihan organ dalam sapi, dibersihkan di lubang yang dibuat di depan kelas III-6. Setelah dibersihkan dan dipotong, daging ditimbang lalu dikemas. Daging-daging ini nantinya akan diberikan kepada orang-orang yang kurang mampu serta yang mendapat kupon. Penyembelihan berakhir kurang lebih pada saat pukul 13.30 WIB. Setelah itu dilanjutkan pembagian daging qurban pada pukul 15.30 WIB – 16.30 WIB. Ya, kurang lebih seperti itulah keseruan dalam acara sembelihan kemarin semoga tahun depan kita masih diberikan kesempatan untuk melakukannya lagi. Aamiin.

Share