In House Training (IHT) SMP Negeri 1 Sedati Tahun Pelajaran 2018/2019

in house training smp negeri 1 sedatiSalah satu program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo di awal tahun pembelajaran baru tahun pelajaran 2018/2019 adalah diadakannya kegiatan In House Training (IHT). Kegiatan yang diadakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 23 – 25 Juli 2018 di SMP Negeri 1 Sedati dengan didampingi oleh pengawas dari Dinas Pendidikan yang biasa disebut dengan fasilitator daerah (FASDA) diantaranya Ibu Henik, Bapak Hartoyo (Kepala SMPN 1 Sidoarjo), dan Bapak Fuad. Dua hari sebelumnya para fasilitator daerah sudah mendampingi 11 guru sasaran (GS) dari setiap mata pelajaran untuk diikutkan pelatihan selama dua hari. Selanjutnya kesebelas GS tersebut bertugas mentransfer hasil pelatihan kepada seluruh Bapak Ibu guru SMPN 1 Sedati.

Terdapat 7 unit materi yang disajikan oleh GS kepada pesertaIHT. Hari pertama pembelajaran unit 1 sampai unit 4, sedangkan hari kedua unit 5 sampai unit 7. Dan hari ketiga dilanjutkan dengan praktikpembelajaran aktif di kelas. Perubahan pembelajaran yang diharapkan adalah pembelajaran kontekstual yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa mampu menghasilkan pengetahuan sendiri (kreatif).

in house_training smpn negeri 1 sedati

Meskipun sebelumya Bapak Ibu guru sudah pernah mengikuti pelatihan seperti ini yang tidak lain adalah bertujuan merefresh kembali pengalaman mengajar yang sudah pernah didapat sebelumnya, dengan bekal semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi menjadikan Bapak Ibu guru tetap semangat untuk mengikuti kegiatan ini.Hasil akhir dari kegiatanIn House Training (IHT) adalah bedah RPP kurikulum 2013 revisi 2018 yaitu penekanan pada pendidikan karakter, keterampilan literasi, High Order Thinking (HOT), keterampilan abad XXI (meliputi critical thinking & problem solving, creativity, collaboration, dan communication). Sehingga kalimat terakhir yang tidak boleh terulang kembali adalah “Aku masih seperti yang dulu”, tetap berinovasi untuk Bapak Ibu guru SMP Negeri 1 Sedati!!!.

 

Penulis : Bu Dyah
Guru Sasaran Mapel Pendidikan Agama Islam
Share