Jelajah Mangrove Wonorejo Surabaya

wisata mangrove smpn 1 sedati

Seneng banget deh, kita bisa bagi in pengalaman kita pas ke Mangrove. Oke deh, langsung aja. Jadi beberapa hari yang lalu, tim Medisti (Majalah Edukasi SMPN 1 Sedati) lagi maen-maen ke Ekowisata Mangrove Wonorejo, tempatnya sekitar pantai timur Surabaya, lebih tepatnya berada di Jalan Raya Wonorejo No.1 , Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Ekowisata Mangrove Wonorejo ini merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat Wonorejo, Surabaya. Lembaga ini bertujuan untuk dapat ikut serta memberi sumbangsih pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesadaran dalam menjaga ekosistem alam.

Tapi sayang banget sahabat, kalian ga bisa sembarangan buat berkunjung ke sini. Wisata Mangrove Wonorejo ini hanya buka pada hari Sabtu, Minggu, dan hari-hari libur nasional. Jam operasionalnya pukul 08.00 – 16.00 WIB.
Tahu gak sih?? Mangrove Wonorejo ini merupakan salah satu hutan yang tersisa di Surabaya loh! Wisata alam sendiri, sebenarnya sesuatu yang langka di Kota Surabaya.

Di Mangrove Wonorejo, kita dapat berlari santai lewat “Jogging Track”. Dengan menyusuri jogging track ini kita dapat menikmati suasana hutan yang asri serta kicauan burung yang merupakan endemik asli di hutan Mangrove Wonorejo itu sendiri. Ada sekitar 15 spesies tanaman mangrove, 53 spesies serangga, dan 7 spesies primate, dan 83 spesies burung, antara lain ada kendidih, gagang bayam timur, caladi ulam, bubut jawa, cekakak jawa, dan masih banyak lagi. Serta ada juga beberapa satwa liar lain yang mudah ditemui di sini.

Jika belum puas, wisata mangrove ini juga menawarkan bagi siapa saja yang ingin menyusuri hutan mangrove ini menggunakan perahu. Wah, itu salah satu pengalaman kita yang paling asikk!! Ada 3 jenis perahu yang di sewakan. Yang pertama ada perahu kecil, dengan biaya Rp25.000,00 untuk dewasa, serta Rp15.000,00 untuk anak-anak, kita dapat berkeliling melihat indahnya kehidupan satwa di sekitar hutan bakau menaiki perahu kecil. Yang kedua, ada Speed Boat, kendaraan ini disewakan dengan harga Rp300.000,00 untuk 6 orang. Dan yang terakhir, ada Kapal Pesiar “Jaya Samudra” , kapal ini di lengkapi dengan fasilitas kamar dan toilet, ada tv juga loh. Kapal-kapal ini akan menyusuri sungai sepanjang 5 kilometer menuju laut dengan kedalaman 5 meter, kita juga bisa lihat satwa – satwa yang ada di pinggir sungai hutan bakau.

Setelah itu kapal akan berbalik arah setelah terlihat lautan lepas, dan berhenti di hutan bakau terdalam. Kita dibawa menuju pos pantau dan gazebo untuk melihat alam ke arah laut. Setelah sampai di sana, kita menyempatkan diri buat istirahat sambil melihat pemandangan laut lepas di pendopo yang jaraknya tidak jauh dari situ. Pendopo itu boleh dimanfaatkan pengunjung tanpa membayar sepeser pun. Disana kita bukan hanya bisa beristirahat, tapi juga bisa berfoto dengan background asli laut lepas yang indah.

-oleh tim Medisti-

Share