Kemah Akbar SMPN 1 Sedati

Hai sahabat medisti, tahu nggak sih salah satu acara tahunan di SMPN 1 Sedati? Pasti tahu dong…, yaitu acara yang bermanfaat untuk mendidik siswa hidup mandiri dan bertanggung jawab, yaitu kemah akbar. Pada tanggal 15-16 Agustus 2015, sekolah kita mengadakan kegiatan kemah akbar untuk seluruh siswa siswi kelas 7.

Kegiatan ini dilakukan di lapangan depan sekolah dengan perlengakapan gapura pramuka untuk putra dan putri serta tiang bendera dengan tali temalinya sebagai pembatas. Di setiap sudut lapangan, telah dipersiapkan anggota keamanan yang diikuti anggota osis dan Team Speed.

Sebelum kegiatan dimulai, seluruh siswa berkumpul di aula sekitar pukul 15.00 untuk kegiatan pengabsenan siswa. Kegiatan kemah akbar baru dimulai pukul 16.00 dengan upacara pembukaan. Upacara pembukaan dipimpin oleh kak Made, salah satu anggota Team Speed kelas 9, dan Bapak Latief sendiri selaku kepala sekolah yang
menjadi pembina pada pembukaan tersebut. Kegiatan kemah akbar ini telah dipersiapkan oleh seluruh anggota Team Speed kelas 8 dan 9 dengan cepat dan rapi. Kemah akbar tahun ini, bertemakan “I.SCOUT DO YOU?” yang penjabarannya adalah “SCOUT MORE THAN AN ADVENTURE IT’S WAY TO BE A LEADER!” yang dalam bahasa indonesia artinya “Pramuka bukan hanya sekedar petualangan, tetapi juga jalan untuk menjadi sebuah pemimpin”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan antusias oleh seluruh siswa kelas 7.

Setelah upacara pembukaan selesai, dilanjutkan atraksi demo semaphore dan halang rintang yang diikuti oleh anggota Tim Speed kelas 8 dan 9. Atraksi ini dilakukan sebagai bentuk pengucapan “Selamat Datang di Kemah Akbar SMPN 1 Sedati”. Setelah selesai, siswa dan siswi kembali ke tenda untuk persiapan sholat Ashar dan Maghrib di masjid dengan berjamaah. Setelah sholat maghrib, seluruh siswa berkumpul di aula untuk makan malam bersama.

Setelah selesai makan malam, siswa kembali ke masjid untuk melaksanakan sholat Isya’ berjamaah. Setelah selesai sholat, materi kepramukaan segera dilaksanakan di aula oleh kakak Pembina pramuka. Sebelum materi, seluruh peserta kemah akbar diajak bermain games, kemudian baru dilanjutkan materi pramuka yang membahas tentang arti pramuka. Kegiatan yang tidak kalah pentingnya dan yang paling disukai oleh siswa dalam pramuka adalah api unggun. Semua tampak senang saat acara api unggun dimulai. Persiapan yang dilakukan untuk kegiatan api unggun adalah beberapa genting, seng, bongkahan kayu, minyak tanah, pasak untuk mengikat petasan, obor, dan tali pramuka. Saat berlangsungnya api unggun, seluruh siswa sangat ramai dan meriah serta ada pentas seni yang dimeriahkan oleh penampilan dari beberapa regu dan kakak alumni. Pentas seni dan api unggun pun selesai. Seluruh siswa dipersilahkan untuk tidur di tenda masing-masing.

Pukul 02.00 dini hari, peserta dibangunkan kembali untuk kegiatan malam atahu yang biasa kita sebut jurit malam. Games ini dilakukan di dalam lingkungan sekolah dengan perlengkapan yang telah disiapkan sebelumnya. Para siswa disuruh untuk keliling wilayah sekolah dengan keadaan gelap gulita di dalamnya. Diantara mereka ada yang ketakutan, menjerit, dan menangis. Apa sebabnya?? Di dalam sekolah telah dibuatkan beberapa tiruan hantu oleh kakak Team Speed untuk melatih keberanian dan mental siswa. Kegiatan malam berlangsung sangat seru. Pukul 04.00 kegiatan selesai dan dilanjutkan sholat shubuh di masjid.

Pada hari Minggu, sekitar pukul 05.00, seluruh peserta kemah akbar kembali berkumpul di lapangan untuk mengikuti senam bersama yang dipimpin oleh kakak Pembina pramuka. Senam bersama berlangsung dengan semangat oleh para siswa yang mengikutinya. Setelah senam, dilanjutkan sarapan pagi. Sekitar pukul 07.30, seluruh siswa melakukan kegiatan outbound bersama dengan bermain bunga dan kumbang. Pada pukul 08.00 siswa kembali ke tenda untuk kegiatan sapu ranjau dan pengumpulan tongkat dan tali pramuka setiap regu, lalu berkumpul untuk upacara penutupan yang dipimpin oleh kak Made seperti pada upacara pembukaan serta pak Siswoyo sebagai Pembina upacara.

Dalam upacara penutupan, dilakukan penyerahan tongkat regu terbaik oleh Pembina upacara. Dari regu putri, diraih oleh regu Bougenville, dan dari regu putra, diraih regu Garuda 3. Selain itu juga terdapat penyerahan tanda peserta baru pramuka penggalang kepada perwakilan dua siswa sebagai simbolis. Upacara penutupan pun selesai pada pukul 10.00 dan dilanjutkan pembagian stiker sebagai kenang-kenangan. Kemudian mereka pulang kerumah masing-masing untuk istirahat.

oleh: Mutiara

Share