LDKS SMPN 1 Sedati 2016/2017

LDKS? Apa sih LDKS itu? Buat yang belum tahu nih, LDKS merupakan latihan dasar kepemimpinan siswa yang bertujuan untuk melatih peserta didik lebih disiplin, mandiri, dan mampu bertanggung jawab. Nah, pada tanggal 29 Oktober-30 Oktober 2016, sekolah kita mengadakan LDKS, yang bertempat di Alam Asri Griya Sakinah, Pandaan. LDKS tahun ini diikuti oleh seluruh anggota OSIS yang berjumlah 57 peserta, 47 anggota OSIS junior, dan 10 anggota OSIS senior dan juga beberapa guru.

Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini, berangkat dari rumah dengan mengenakan seragam pramuka, dan langsung berkumpul di lobby SMPN 1 Sedati guna melakukan absensi dan pembagian kendaraan yang dipandu oleh Bapak Wawan, selaku Pembina OSIS. Untuk pergi ke tempat pelaksanaan LDKS, telah disediakan 6 mobil guru dan 1 mobil Bison. Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya kami berangkat dari sekolah pada pukul 07.10 WIB.

Perjalanan yang kami lalui, sangatlah menyenangkan, untuk sampai di tempat tersebut kami melewati Gunung Penanggungan dan juga melewati pabrik Coca Cola. Bison yang ditumpangi oleh beberapa peserta kesasar, untung saja kami dapat menemukan jalan yang benar. Pada pukul 08.32 WIB, akhirnya kami sampai di tempat pelaksanaan LDKS. Setelah sampai, kami beristirahat sebentar dan melakukan pendataan diri. Setelah itu, kami diperintahkan untuk menaruh tas dan dikumpulkan di gerbang Alam Asri Griya Sakinah. Di lokasi kami dijelaskan mengenai semua kegiatan yang akan kami laksanakan dan yang akan ditanyakan serta kesiapan kami untuk mengikuti kegiatan LDKS oleh pembina dari Alam Asri Griya Sakinah. Setelah selesai dijelaskan, kami berjalan dengan cara berbaris sambil menyanyikan lagu Garuda Pancasila untuk mengambil tas. Setelah mengambil tas, kami berjalan ke tempat pendataan peserta untuk melaksanakan upacara pembukaan. Setelah melaksanakan upacara pembukaan, dibacakanlah peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh semua peserta dan penggeledahan tas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Barang-barang yang dilarang dan harus diberikan kepada pembina, antara lain rokok, alkohol, dan alat make up. Setelah diperiksa, pembagian kamar untuk peserta pun dilakukan. Kamar yang diperlukan kurang lebih disediakan 7 kamar untuk para anggota OSIS, yang masing-masing ditempati kurang lebih 9 peserta.

Setelah menempati kamar masing-masing bersama kelompok yang telah ditentukan, makan siang bersama dilaksanakan. Makan siang pada hari itu dilaksanakan di lapangan, dan disediakan 1 bungkus tiap peserta. Namun, ada cara makan yang ditetapkan oleh panitia yaitu setiap bungkus makanan peserta dicampur menjadi satu dan dimakan bersama-sama. Setelah itu, kami diberikan waktu untuk istirahat dan shalat. Pada pukul 12.40 WIB, kami diarahkan untuk segera pergi ke Hall Alam Asri Griya Sakinah untuk pemberian materi oleh Kakak Eko Setiawan, selaku Pembina LDKS, dari Pandaan. Materi yang disampaikan adalah tentang “Teori Kepemimpinan” meliputi gaya kepemimpinan, apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin, tipe-tipe pemimpin, hambatan/kendala seorang pemimpin, dan cara memimpin. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi yang dipandu oleh Kakak Edi (Pembina LDKS) yaitu materi tentang “Dynamic Team Work”. Setelah itu, kami diperintahkan untuk berkumpul di lapangan dan dijelaskan bagaimana pertolongan pertama untuk mengatasi bagian tubuh yang patah dengan memanfaatkan bahan dari alam. Setelah itu, dilanjutkan dengan games membuat tandu antar kelompok dan mempraktekkan materi yang tadi telah diajarkan pada kami. Setelah selesai, anggota kelompok diminta untuk menutup matanya dan mengangkat tandu yang berisi seorang korban dari salah satu anggota kelompoknya, dan leader diminta untuk mengarahkan anggota kelompoknya untuk dapat berjalan dengan benar. Setelah bermain games, kami diberitahu letak kesalahan kami saat bermain games tersebut, mulai dari kesalahan memasang tali, kurang kreatif memilih bahan, dan leadernya yang kurang tegas untuk mengarahkan anggota kelompoknya. Selepas bermain games, kami kembali ke lapangan untuk merencanakan kreativitas antar kelompok yang akan ditampilkan pada saat malam api unggun. Pukul 17.00 WIB, diskusi diberhentikan dan dilanjutkan istirahat dan shalat. Pukul 18.15 WIB, kami melaksanakan makan malam di restoran tersebut. Di sini kami diajarkan cara makan yang baik dan benar. Setelah makan malam dilaksanakan, kami diperintahkan untuk kembali ke hall guna kegiatan hypnoheart oleh Kakak Erdy Max’c, selaku motivator yang membimbing kami pada acara hypnoheart. Pada pukul 20.25 WIB, malam api unggun dilaksanakan. Sebelum memulai acara ajang kreatif, terlebih dahulu dilaksanakan upacara api unggun untuk memperingati sumpah pemuda. Nah, sehabis itu, aksi kreativitas oleh semua kelompok ditampilkan, ada yang menyanyi, membaca puisi, berpantun, menampilkan drama, dan lain-lain. Selepas itu, malam api unggun ditutup dan dilanjutkan dengan istirahat.

Pada hari Minggu, 30 Oktober 2016, pukul 04.50, kami bangun dan melaksanakan shalat Shubuh. Sehabis shalat Shubuh, kami bersiap-siap untuk melakukan senam pagi di lapangan. Senam pagi dilaksanakan dari pukul 05.35 WIB sampai dengan pukul 06.50 WIB. Setelah melaksanakan senam pagi, dilanjutkan dengan sarapan sampai pukul 06.55 WIB. Setelah sarapan selesai, kami bersiap-siap untuk melakukan kegiatan menyusuri terasering/pematang sawah dan menyusuri sungai. Nah, di sini nilai kami dalam hal kekompakan, kebersamaan, solidaritas, dan hal lainnya dinilai oleh para pembina yang turut mendampingi kami melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan oleh peserta dengan senang hati, meskipun ada beberapa peserta yang mengalami cidera kaki. Pada kegiatan ini, ada beberapa guru yang turut mendampingi kami. Setelah sampai di ujung sungai, untuk melatih fisik kami, kami diperintahkan untuk membuat tandu dan mengangkat salah satu anggota sebagai korban dari ujung sungai sampai wilayah Alam Asri. Setelah latihan fisik selesai, kami diberikan waktu untuk istirahat sambil menunggu kelompok-kelompok yang belum datang. Setelah semua kelompok sampai, kami bersiap-siap melaksanakan out bound, tetapi dengan kelompok yang berbeda, agar kami dapat saling mengenal seluruh anggota OSIS. Out bound terlaksana dengan sangat baik, tentu karena semangat para pesertanya juga. Setelah kegiatan out bound selesai, kami diberikan waktu untuk istirahat, shalat, dan makan siang. Setelah itu, kami diperintah untuk kembali ke hall guna kegiatan hypnoheart oleh Kakak Erdy Max’C. Pada kegiatan hypnoheart kali ini, kami diminta untuk memberikan kesan dan pesan untuk Alam Asri Griya Sakinah.Setelah selesai, kegiatan hypnoheart ditutup dengan memberi salam kepada guru-guru yang turut mendampingi dan pembina-pembina dari Alam Asri Griya Sakinah sebagai ungkapan terima kasih dan permohonan maaf. Oiya, pada akhir penutupan hypnoheart ini, banyak yang menangis loh? Kenapa yaa? Para peserta menangis, karena mengingat jasa orang tua masing-masing yang telah mendidik sedari kecil. Setelah itu, kami pergi ke luar hall dan menuju ke lapangan untuk melaksanan sesi foto bersama seluruh anggota OSIS, guru-guru dan pembina dari Alam Asri Griya Sakinah.

Setelah berfoto bersama, kami bersiap-siap untuk pulang kembali ke sekolah. Kendaraan-kendaraan disiapkan untuk pulang kembali ke sekolah. Perjalanan pulang ini juga menyenangkan, walaupun lelah, tetapi kami telah mendapatkan ilmu yang sangat berharga dari kegiatan LDKS selama 2 hari 1 malam. Pada pukul 17.00 WIB, kami sampai di sekolah, dan kembali ke rumah masing-masing.

Berdasarkan nilai yang telah diberikan oleh Pembina LDKS, pada saat pelaksanaan LDKS, terpilih kandidat Ketua OSIS antara lain Indira (3-3), Nadia (3-8), dan Aqmira (3-2), dan berdasarkan voting, yang terpilih adalah Indira (3-3). Sedangkan untuk Wakil Ketua OSIS, kandidatnya antara lain, Farel (1-11), Rama (1-7), dan Fibran (1-2), dan akhirnya dipilihlah Wakil Ketua Osis adalah Rama (1-7). Wahh, selamat ya untuk Indira (3-3) dan Rama (1-7) yang tepilih menjadi Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis periode 2016-2017, dan selamat juga untuk OSIS yang terpilih. Semoga OSIS tahun ini dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik lagi dan tetap semangat!! –Dea

Share