Lomba Gerak Jalan Memperingati HUT RI 71

Hai, sahabat Spensased! Gerak jalan, yuuukkk…!!!

Sudah pada tahukan gerak jalan itu apa? Nah, pada hari Selasa, tanggal 30 Agustus  2016, sekolah kita mengikuti lomba gerak jalan se-Kabupaten Sidoarjo dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-71. Sebelumnya, sekolah kita telah mengikuti lomba gerak jalan tingkat kecamatan yang diselenggarakan di Kantor Badan Politeknik Perikanan dekat dengan SMPN 2 Sedati. Para peserta yang mengikuti berjumlah sekitar 60 orang yang terbagi dalam 3 tim. Mereka tampak antusias dan bersemangat mengikutinya. Walupun pada akhirnya mereka hanya membawa pulang juara 3, mereka tetap senang dan bangga. Rute yang dilewati sekitar 5km, diantaranya melewati  tambak di daerah Cemandi.  Selang beberapa hari, mereka mengikuti lomba gerak jalan tingkat kabupaten. Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Sebelum lomba itu dilaksanakan, tim gerak jalan SMPN 1 Sedati, telah berlatih dengan giat. Peserta yang terpilih mewakili SMPN 1 Sedati untuk lomba gerak jalan tingkat kabupaten diambil secara acak dari setiap kelas 9. Tetapi, bapak dan ibu guru juga memperhatikan kondisi fisik dan keterampilan berjalan para peserta. Lomba ini diwakili oleh 2 tim, yaitu 1 tim putra dan 1 tim putri. Setiap tim beranggota sekitar 17 pesertainti, dan 2 peserta cadangan. Mereka yang terpilih mewakili sekolah, merasa senang karena dapat menambah pangalaman.

Sampailah  hari di mana lomba tersebut dilaksanakan, para peserta lomba gerak jalan telah besiap di sekolah sejak pukul 12.30. Sebelum berangkat, siswa-siswi yang mengikuti lomba ini berlatih untuk terakhir kalinya dan makan siang. Setelah itu, pada pukul 13.15 peserta beserta guru pembimbing menuju lokasi perlombaan, yaitu Taman Pinang, Sidoarjo. Pada pukul 14.00 akhirnya kami sampai di Taman Pinang. Suasana di Taman Pinang sudah ramai, karena banyaknya warga yang menonton, serta ribuan peserta yang bersiap-siap mengikuti lomba. Tim putra mendapatkan nomor punggung 307, sedangkan tim putri mendapat nomor punggung 308 .

Pada pukul 15.00, Bapak Bupati Sidoarjo, yaitu Bapak H. SaifulIlah, tiba di Taman Pinang. Setelah itu, pembukaan dimulai dengan sambutan dari Bapak H. SaifulIlah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta penampilan drum band. Pada pukul 15.42, tim putra SMPN 1 Sedati diberangkatkan terlebih dahulu. Dengan penuh semangat dan rasa percaya diri, tim putra berangkat. Tidak menunggu lama, pada pukul 15.45 tim putri menyusul tim putra, tentunya dengan rasa semangat dan percaya diri juga yang tak kalah dari tim putra. Rute perjalanan gerak jalan tingkat kabupa tenuntuk SMP/MTs, meliputi Desa Sumokali, Desa Jambangan, Desa Sidodadi, dan Desa Sepande. Dan jumlah total  jarak tempuhunya, yaitu 8 kilometer.

Di tengah perjalanan, sepertinya tim dari SMPN 1 Sedati, cukup menarik warga sekitar. Terbukti komentar, siulan, dan lainnya ditujukan pada tim gerak jalan SMPN 1 Sedati saat melintas. Kendala pun dialami oleh tim gerak jalan sekolah kita, seperti kesulitan untuk berjalan karena macet, dan tim lain yang tiba-tiba mendahului kita. Tetapi hal tersebut tidak menurunkan semangat mereka, malah semangat mereka bertambah dengan menyanyikan yel-yel semakin keras.

Setelah berjalan beberapa kilometer, ada beberapa peserta inti yang merasa kelelahan sehingga harus digantikan oleh peserta cadangan. Dan terdapat beberapa gerakan yang  tidak kompak, tetapi segera dibenarkan oleh tim gerak jalan SMPN 1 Sedati.

Akhirnya, pada pukul 17.20 tim putra tiba di garis finish, dan tak lama kemudian tim putrid juga tiba di garis finish. Segera setelah itu, peserta gerak jalan SMPN 1 Sedati diajak beristirahat dan makan malam bersama. Pada pukul 17.45, akhirnya peserta gerak jalan beserta beberapa guru yang mendampingi pulang kesekolah. Dan tiba di sekolah pada pukul18.25. Setelah itu, peserta gerak jalan pulang ke rumah masing-masing.

Gerak jalan tahun ini, sudah dinilai bagus oleh guru-guru, karena peserta gerak jalan telah berlatih dengan sungguh-sungguh. Harapan bapak ibu guru, untuk gerak jalan tahun depana dalah berlatih lebih intensif lagi dan pemilihan peserta lebih merata. Wah, sahabat medisti, semoga tahun depan gerak jalan sekolah kita bisa lebih bagus lagi ya!

(Dea)

Share