Outbond SMPN 1 Sedati Tahun Pelajaran 2016/2017

Hai,  Sahabat Medisti ! Kalian tahu tidak  ya, SMP kita ini ternyata pernah mengadakan kegiatan pramuka di luar sekolah. Pada tanggal 4 Juni 2016, sekolah kita mengadakan kegiatan out bond. Kegiatan ini diikuti oleh siswa–siswi kelas 7 dan anggota Tim  Speed serta PMR. Tempat yang digunakan untuk kegiatan out bond ini adalah Pacet Mini Park, tepatnya terletak di daerah Pacet, Mojokerto. Semua siswa kelas 7 berantusias untuk mengikuti kegiatan ini, mereka sangat tidak sabar untuk bermain pada kegiatan out bond ini.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 WIB. Pada pukul 06.00 WIB, para siswa telah berkumpul di halaman sekolah. Mereka tidak lupa membawa perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan kegiatan ini. Setelah semuanya berkumpul, salah satu pembina pramuka mendata  seluruh siswa dan membagi bus yang akan dinaiki oleh para siswa serta membagi guru pendamping untuk masing-masing bus. Setelah mendata, para pembina dan siswa berdoa bersama untuk keselamatan dan kelancaran kegiatan ini. Kemudian, para siswa menuju ke bus masing-masing. Setelah semuanya naik ke bus, kita semua pun berangkat. Pada pukul 07.30 WIB, kita memulai perjalanan untuk menuju ke Pacet Mini Park. Setelah beberapa jam kemudian, kita sampai di tempat tujuan  yaitu Pacet Mini Park. Udara di sini sangat sejuk sekali, berbeda dengan udara yang ada di Sidoarjo. Setelah sampai, para siswa pun bergegas keluar dari bus dan menuju aula tempat wisata itu. Di aula, para siswa dan guru pembina melaksanakan upacara pembukaan terlebih dahulu. Upacara ini, dibuka oleh Bapak Abdul Faqih selaku guru pendamping dan Pembimbing Akademik kelas 3.1.

Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan tentang tujuan dari kegiatan ini. Menurut beliau, kegiatan ini bertujuan untuk merefreshkan otak anak-anak yang telah selesai menghadapi ujian kenaikan kelas. Hal tersebut tentu saja membuat para siswa gembira, namun para siswa tetap hikmad mengikuti upacara pembukaan ini. Setelah upacara pembukaan, kakak-kakak pembina dari tim Speed, mengajak kita untuk ke luar  aula dan bermain suatu permainan. Permainannya adalah kumbang dan bunga.

Jadi begini, seluruh siswa harus membentuk sebuah lingkaran besar, setelah itu ada dua siswa yang berhadapan sambil merentangkan tangannya ke depan temannya dan ada satu siswa yang duduk di bawah rentangan tangan kedua siswa itu. Dua siswa yang berpasangan disebut bunga dan satu siswa yang duduk di bawah disebut kumbang. Cara bermainnya adalah saat pembina mengatakan kumbang,  maka kumbang harus lari berpindah tempat ke bunga yang lain, namun jika pembina mengatakan bunga, maka yang harus lari dan berpindah tempat adalah bunga. Jika bunga lari, bunga yang satu tidak boleh meninggalkan bunga pasangannya, jadi harus tetap berpasangan.

Setelah permainan itu selesai, para pembina pun mengajak kita untuk bermain game selanjutnya.  Permainannya adalah memindahkan air yang ada di dalam pipa. Jadi, para siswa dibagi menjadi beberapa regu yang beranggotakan sepuluh orang. Setelah itu, pembina memberikan pipa yang di dalamnya berisi air dari barisan belakang, kemudian siswa harus menyalurkan pipa yang berisi air itu secara berurutan sampai menuju ke gelas yang ada di depan. Regu yang berhasil mengisi gelas itu dengan air yang paling banyak, merekalah pemenangnya. O iya, tidak lupa juga setiap regu harus memberikan nama untuk regunya menggunakan nama-nama wahana yang ada di tempat ini. Setelah itu, mereka harus menampilkan sebuah yel-yel di depan semua siswa.

Setelah itu, para siswa melanjutkan permainan sesuai dengan arahan pembina. Permainan selanjutnya adalah memasukkan kelereng ke dalam gelas. Cara bermainnya adalah setiap kelompok dibagi menjadi 4 orang, kemudian mereka harus mengeluarkan kelereng dari papan labirin yang sudah diberi 4 pasang tali di setiap sisinya, kelereng itu tidak boleh jatuh sebelum sampai di gelas yang akan digunakan untuk memasukkan kelereng itu. Siapa kelompok yang paling cepat memasukkan kelereng itu, merekalah yang menjadi pemenang. Setelah itu, para siswa harus melakukan permainan selanjutnya, yaitu memindahkan bola melewati tali. Cara bermainnya adalah setiap kelompok harus memindahkan bola ke dalam suatu gelas, namun harus melewati 4 tali. Bola itu tidak boleh jatuh saat berjalan menuju gelas, dan seperti biasa, siapa yang cepat memasukkan bola, merekalah pemenangnya.

Permainan harus berhenti dahulu. Jam menunjukkan pukul 12.00 WIB, yang artinya semua siswa dan para pembina yang muslim harus melakukan shalat Dzuhur terlebih dahulu. Sebelum shalat, kita semua makan siang terlebih dahulu. Setelah itu, para siswa dan pembina muslim melakukan shalat Dzuhur di sebuah musholla kecil yang disediakan oleh tempat wisata ini. Ukuran mushollanya yang kecil ini tidak memungkinkan kita semua untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah. Oleh karena itu, kita melaksanakan shalat Dzuhur secara munfarid.

Setelah shalat, kita pun melanjutkan permainan selanjutnya. Permainan ini cukup menantang adrenalin, kalian tahu apa permainannya? Yap, flying fox. Semua siswa bergantian untuk melakukan permainan flying fox ini. Sebelumnya, para siswa harus melewati sebuah tatanan papan yang digantung di atas untuk sampai ke sebuah pos untuk memasangkan alat flying fox itu. Tatanan papan ini cukup menakutkan, rasanya seolah-olah kita akan jatuh dari tempat itu. Namun, justru permainan inilah yang penting untuk melatih keberanian siswa.  Jadi, selain kita memiliki pengalaman baru, kita juga bisa menguji keberanian kita di permainan ini. Para anggota PMR juga berperan penting bagi keselamatan para siswa dan semua orang yang ikut serta dalam kegiatan ini. Jika tidak ada mereka, mungkin kita semua akan kesusahan dalam menangani suatu masalah yang berkaitan dengan kesehatan seseorang.

Permainan telah selesai. Sekarang waktunya untuk bersiap-siap menuju ke Sidoarjo. Para siswa diperbolehkan mandi dan berganti pakaian. Setelah itu mereka harus kembali ke aula untuk penutupan acara. Setelah semua siswa berkumpul di aula, pembina memberikan suatu lawakan sebagai penutup hangat kegiatan ini. Selanjutnya siswa kembali menuju bus masing-masing dan kita akan menuju ke Sidoarjo. Jam menunjukkan pukul 17.00WIB, tidak sedikit para siswa yang sudah tidur di dalam bus, sehingga keadaan bus tidak begitu ramai seperti awal berangkat tadi. Alhamdulillah, beberapa jam kemudian kita semua sampai di SMP Negeri 1 Sedati. Kita sampai di sekolah pada pukul 19.30.WIB. Sungguh, kegiatan ini merupakan suatu kenangan yang tak terlupakan bagi kita . Kita dapat merasakan indahnya kebersamaan pada kegiatan ini. Terima kasih untuk kegiatan penutup semester yang sangat indah ini.

Share