Pulau Sarinah di Sidoarjo

Tidak banyak diketahui orang bahwa di Kabupaten Sidoarjo juga ada pulau yang tempatnya berada di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo Jawa Timur. Pulau ini bisa di bilang baru karena terbentuk dari endapan lumpur lapindo.
Lumpur yang bertahun-tahun mengalir itu kini menjadi sedimentasi yang menghasilkan pulau baru. Pulau ini disebut Pulau Sarinah. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 90 hektar. Pulau ini awalnya cukup gersang . Pulau ini juga sering dijadikan objek penelitian sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas. Pemandangan di sini sangatlah bagus pada pagi hari. Ketika matahari terbit, indahnya tidak kalah dengan Pantai Kuta dan Pantai Sanur. Dan yang membedakan di sini hanyalah adanya lautan pasir hitam pekat. Tidak hanya itu saja, di pulau ini juga banyak dikunjungi oleh para pemancing yang ingin mengisi waktu luang mereka.
Banyak warga sekitar yang menyewakan perahu untuk menuju ke Pulau Sarinah ini. Mereka hanya melayani wisatawan yang akan pergi memancing saja. Namun, seiring dikenalnya Pulau Sarinah, banyak wisatawan yang berkunjung untuk sekedar melihat ataupun menikmati pemandangan di sana. Tarif untuk sewa perahu pulang pergi(pp) adalah sekitar Rp150.000 sampai Rp 200.000. Untuk memudahkan perahu yang mendarat, Warga sekitar membuat dermaga.Untuk menuju ke pulau ini, kita dapat melewati jembatan porong. Setelah itu, wisatawan langsung belok kiri ke arah timur, sekitar 15 kilometer dan kita sudah sampai di Dermaga Tlocor. Dari dermaga ini, kita bisa naik perahu. Banyak warga di sana yang menyewakan perahu. Dari dermaga Tlocor, wisatawan bisa menikmati suasana sungai yang sisi kanan dan kirinya dipenuhi pohon bakau dan sejenis kayu api api.
Jika dikelola dengan baik, Pulau Sarinah akan menjadi tujuan wisata yang unik dan menarik di Sidoarjo. Apalagi jika pulau baru ini sudah dikenal di masyarakat. Masyarakat akan penasaran dengan pulau yang terbuat dari lumpur. Tetapi sayangnya, pemerintah belum memperhatikan hal itu. Lumpur lapindo tidak hanya berdampak negatif, tetapi juga ada dampak positifnya salah satunya adalah Pulau Sarinah. Oleh karena itu, jagalah lingkungan di sekitar kita. –Monicha

 

*gambar dari http://citizen6.liputan6.com
Share