Retret 2016 – ADVENTURE TIME !

Pada hari Sabtu tanggal 19 November lalu, para siswa dan siswi yang beragama Katholik  di sekolah kita mengikuti retret bersama umat Katholik se-Sidoarjo lhoo… Tempat tujuan retret itu di Rumah Retret Dharmaningsih di desa Claket, Pacet, Mojokerto. Murid SMP Negeri 1 Sedati yang mengikuti kegiatan ini ada 23 orang, dari semester 1 sampai semester 5 lumayan banyak juga yakkk… dan juga guru pembimbing kami tercinta, Bu Yohana.

Awalnya kami berkumpul pada pukul 08.20 atau sekitar jam pelajaran ke-2 berakhir. Tapi ternyata transportasi yang akan kita tumpangi sedang tersesat, dan para murid yang sudah tidak sabar menunggu untuk berangkat, sudah mulai lesu dan gerah.  “Mungkin karena sekolah kita letaknya terpencil dan cukup strategis” kata Bu Yohana yang mengetahui kalau transportasinya sedang tersesat.

Setelah lama menunggu akhirnya sekitar pukul 10.08 kami pun langsung berangkat dengan menggunakan dua buah bison yang sudah disediakan. Sebelum berangkat di tempat tujuan kami akan berkumpul di Gereja St. Maria Annuntiata di Sidoarjo. Di sana kami bertemu dengan murid-murid dari sekolah lain di Sidoarjo Wow… ada beberapa SMP dan SMA yang  mengikutinya lebih tepatnya ada SMPN 5 Sidoarjo, SMP Taman Harapan, SMP Harapan Jaya, SMPN 2 Waru, SMAN 2 Sidoarjo, dan ada juga SMA Hang Tuah 5, dan beberapa lainnya.

“LET’S GO!!!” kami akan berangkat menuju Rumah Retret Dhramanigsih. Di dalam bison kami sempat bercanda tawa dengan beberapa teman, dan juga dengan kakak kelas yang ternyata juga seru hehehe…  Jalan untuk menuju ke sana sangat menantang guys! Karena letaknya yang berada di dataran tinggi, tetapi karena doa, akhirnya kami sampai di sana dengan selamat Yeeeee…

   Pukul 13.15 tepatnya kami sampai di sana, lalu kami berkumpul di aula yang cukup besar, dan dari kami ada yang bertemu dengan kawan lama. Lalu saatnya untuk pembagian kamar dan setelah itu kita dipersilahkan untuk mandi .

Bbbbrrrrrrrrrrrrrrr….“Airnya dingin banget…” kata Fingka salah satu teman kami. Setelah mandi, kami dipersilahkan untuk bersantai terlebih dulu atau makan snack.

   Sesi 1 pun dimulai…, dan sesi demi sesi sudah dilewatkan. Dalam sesi tersebut kami sempat disuruh untuk membentuk kelompok yang berjumlah 10 anggota dari sekolah – sekolah lain dengan tujuan menegnal satu sama lain (Cek femes katanya). Dan akhirnya acara terakhir sebelum tidur pun tiba, sekitar pukul 21.00 renungan malam yang membuat tangis mengalir dari para peserta dimulai, mulai dari menonton film, dan semua tentang orang tua. Hampir seluruh peserta mengangis di tempat tersebut, dan ada juga yang boring dengan suasana dan akhirnya tidur di aula tersebut.

   Lalu kami semua dipersilahkan untuk tidur, agar esok kami dapat lebih aktif lagi. Sekitar pukul 04.00 para murid SPENSASED sudah banyak yang bangun dari tidurnya. Beberapa anak laki – laki bermain sepak bola di sekitar halaman rumah retret tersebut, dan beberapa siswa perempuan ada yang berjalan jalan dan ada yang hanya duduk menikmati pemandangan.

Wonderful scenery…………..

Pukul 05.20 kegiatan pun dimulai, kegiatan pertama adalah olahraga, kami senam bersama dengan beberapa pembimbing – pembimbing yang ikut bersama di sana. Selang waktu 1 jam kami dipersilahkan kembali untuk ke kamar dan bersiap untuk pergi mengikuti misa yang akan dimulai pada pukul 08.00 WIB, sebelum itu makan pagi didahulukan sebagai yang pertama dan utama.

Supaya enggak lemes

   “Yesus Kristus Raja Alam Semesta” tema misa saat itu, 2 orang misdinar dari peserta yang sukarela menjadi misdinar dalam misa tersebut salah satunya adalah Aril murid SPENSASED. Semua peserta mengikutinya dengan baik dan khidmat, dan sampai pada akhir misa. Setelah misa selesai dilanjutkan dengan sesi 3 yang dibuka oleh suster yang ada di sana. Sambil bermain, semua peserta sangat semangat sekali mengikutinya tanpa rasa lelah.

   Kami diberikan waktu untuk membeli oleh-oleh serta berfoto –foto sebelum kembali ke rumah, setelah makan siang, kami sempat bermain kejar kejaran, mengumpulkan foto aib teman, dan berfoto di tempat yang cukup mainstream. Gitu buat nyari latar foto yang bagus walau wajah pas- pasan (kidding).

Sekarang waktunya untuk foto bersama, setiap SMP dan SMA dipersilahkan untuk foto sebagai kenang- kenangan. Setelah foto kami juga dapat sebuah souvenir yaitu sebuah tas yang cukup bagus dan berkualitas. Setelah berfoto dengan sekolah masing- masing panitia mengusulkan untuk berfoto se- SMP Sidoarjo dan yang SMA juga tidak kalah banyak.

   Setelah lama disana akhrinya waktu untuk pulang tiba semua peserta kelihatannya sangat tidak ingin untuk pulang dan mereka mungkin sudah merasa lelah, dengan aktivitas seharian tadi. Di bison terasa sangat hening, karena wajah- wajah lelah dari mereka yang nggak bisa ditoleransi lagi. Mereka malah tidur untuk melanjutkan mimpi mereka yang belum usai.

   Tak lama kemudian sampailah kita di SMP kami tercinta, dan sudah banyak orang tua yang setia menunggu anak- anaknya dan menunggu cerita seru dari mereka. Arguably adventure!!        

-EfrataPN

Share