Ringankan Kinerja Smartphone Anda!

Aplikasi Smartphone

Smartphone kamu lelet, boros baterai dan boros kuota?

Kawan, Banyak sekali aplikasi yang ada di smartphone Android yang bisa mempermudah penggunaan dalam keseharian kita. Namun, apakah aplikasi tersebut benar-benar kita perlukan dan kita gunakan setiap hari?

Padahal, perangkat smartphone kita memiliki keterbatasan pada media penyimpan data, keterbatasan baterai dan keterbatasan kuota internet.

Seberapa perlu kita dengan aplikasi tersebut? Apakah aplikasi tersebut benar-benar tidak bisa digunakan dengan cara yang lain yang lebih hemat pada penyimpan data, lebih hemat pada baterai dan lebih hemat pada kuota internet ? Selain itu, terlalu banyak aplikasi pun juga dapat memberikan dampak pada performa smartphone.

Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi si pengguna untuk dapat memilah aplikasi mana saja yang sering digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari dan aplikasi mana yang tidak diperlukan lagi. Jika Anda sudah terlanjur merasakan performa smartphone Anda menurun, saatnya kini menghapus beberapa aplikasi di smartphone Anda.

Setidaknya ada beberapa aplikasi yang bisa menguras tiga komponen diatas, bahkan direkomendasikan untuk dihapus saja. Aplikasi tersebut adalah :

1. Facebook.

Aplikasi ini seringkali kita jumpai ketika kita membeli smartphone baru dan sudah terinstal, tinggal pakai. Dan popularitasnya sudah tidak diragukan lagi. Namun, hadirnya beberapa fitur dan notifikasi lewat aplikasi ini justru membuat kapasitas penyimpanan smartphone Android menjadi boros. Maka, sebaiknya aplikasi facebook di uninstall dari smartphone.

Namun, jika Anda merupakan orang yang kerap membuka Facebook setiap hari, jangan khawatir. Anda masih bisa menggunakan browser untuk membuka Facebook. Ini justru akan lebih jauh menghemat kapasitas memori dan baterai jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi.

2. Browser Bawaan.

Setiap HP Android biasanya memiliki browser bawaan yang sudah terpasang. Browser ini biasanya dikembangkan oleh produsen HP, atau ada pula yang menyertakan Google Chrome sebagai browser bawaannya. Namun, aplikasi browser bawaan dan Google Chrome cukup berat dijalankan. Kuota data internet kamu juga cukup tersita karena browser-browser ini menampilkan website yang kamu buka secara apa adanya.

Sebagai alternatif, kamu bisa gunakan browser ringan seperti UC Browser Mini atau Opera Mini. Browser ini mampu memperkecil penggunaan data kamu dengan fitur kompresinya yang sangat canggih. Bahkan sampai 90%. Hemat banget, kan? Namun kamu tetap dapat melihat seluruh bagian yang ditampilkan pada suatu halaman website.

3. Berbagai Aplikasi Bawaan

Selain browser, banyak sekali aplikasi bawaan HP Android yang jarang digunakan, atau bahkan tak terpakai sama sekali. Aplikasi bawaan ini disebut juga “bloatware”. Daripada memenuhi memori internal, lebih baik dibuang saja.

Kesimpulannya adalah Gunakan apa yang Anda Perlukan. Jika penggunaan sebuah aplikasi bisa digunakan lewat browser, makan gunakan saja browser. HP Android Anda akan terasa lebih ringan dan lebih cepat dalam bekerja.

 

sumber gambar : liputan6[dot]com

Share