Serunya Lomba Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Sahabat medisti, pastinya kalian tahu bahwa setiap bulan Agustus tepatnya pada tanggal 17 Agustus, pasti tanggal yang selalu dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Pada tanggal itu Indonesia meraih kemerdekaannya. Untuk itu, masyarakat Indonesia sibuk mempersiapkan segala sesuatu  yang dapat memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, seperti mengadakan syukuran dan berbagai perlombaan yang menyenangkan.

Dalam rangka memeringati hari Kemerdekaan Republik Indonesia, SMP Negeri 1 Sedati mengadakan berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 7 sampai kelas 9. Semua lomba yang diadakan selalu mengandalkan kekompakkan, kerja sama yang bagus, dan semangat dari setiap kelompok atau tim yang mengikuti perlombaan. Selama masa lomba, semua siswa memakai baju olahraga. Perlombaan ini dilaksanakan di lapangan basket dan lapangan rumput di depan SMP Negeri 1 Sedati.

Lomba – lomba yang diadakan terdiri atas lima lomba, yaitu lomba water elektrik, pindah bola, paku dalam botol, best supporter, balap karung, dan tangkap lele. Perlombaan -perlombaan tersebut berlangsung mulai dari tanggal 16,18,19, dan ditutup dengan acara pensi pada tanggal 20 Agustus, serta pada tanggal 17 seluruh warga sekolah melakukan upacara bendera.

Lomba balap karung dilaksanakan di lapangan rumput di depan sekolah. Lombanya berlangsung pada pukul07.30, yang diawali dengan siswa kelas 7, berlanjut ke kelas 8, dan yang terakhir kelas 9. Lomba balap karung ini satu tim terdiri dari 12 orang, yaitu 6 laki-laki dan 6 perempuan.

Cara bermain balap karung sangatlah mudah. Hanya dengan seorang anak masuk ke dalam karung sembari tangannya menggenggam kedua ujung karung agar tidak turun. Hanya saja lomba balap karung yang dilaksanakan dibuat bergantian selang-seling antara laki-laki dan perempuan. Lomba balap karung juga terkadang mengundang gelak tawa penonton yang melihat, dikarenakan gaya meloncat mereka yang lucu atau ekspresi wajah yang lucu. Perlombaan berlangsung sangat seru, banyak supporter dari setiap kelas yang menyemangati tim kelas mereka. Lomba balap karung kelas 7 dimenangkan oleh kelas 1.8 sebagai juara 1, kelas 1.10 juara 2, kelas 1.4 juara 3. Sedangkan dari kelas 8 sendiri juara 1 dimenangkan oleh 3.10, juara 2 kelas 3.9, juara 3 kelas 3.3.dan yang terakhir kelas 9, juara 1 dimenangkan kelas 5.5, juara 2 dimenangkan kelas 5.3, dan yang terakhir juara 3 dimenangkan kelas 5.4.

Setelah lomba balap karung selesai, lomba dilanjutkan kelomba memasukkan paku dalam botol bagi kelas 7 dan pindah bola kelas 8, sedangkan kelas 9 menunggu untuk giliran untuk lomba pindah bola. Kedua lomba ini dilaksanakan di lapangan sekolah, yaitu lapangan basket lama untuk lomba memasukkan paku dalam botol dan yang di lapangan basket baru digunakan untuk lomba pindah bola.Lomba memasukkan paku dalam botol terdiri dari 6 orang, 3 laki-laki dan 3 perempuan . Cara bermainnya sama seperti biasa yaitu dengan memasukkan paku ke dalam botol yang membedakan, setiap tim harus memasukkan pakunya   bergantian secara estafet. Lomba ini sangat membuat gregetan para pemainnya mau pun penonton yang melihat.Pemenang lomba memasukkan paku dalam botol ini dari kelas 7 adalah juara 1 kelas 1.9, juara 2 kelas 1.12, juara 3 kelas 1.4, untuk kelas 8 juara 1 kelas 3.10, juara 2 kelas 3.1, juara 3 kelas 3.5, dan yang terakhir kelas 9 juara 1 kelas 5.5, juara 2 kelas 5.4, dan juara 3 kelas 5.8.

Sedangkan untuk lomba pindah bola tidak kalah serunya dengan lomba yang lain, karena lomba ini sangat membutuhkan kerja sama tim dan kekompakkan yang baik dalam setiap anggota. Lomba pindah bola ini cara bermainnya cukup mudah dengan cara memindahkan bola menggunakan tali yang akan mengapit bola, jika talinya renggang sedikit maka bolanya akan jatuh. Lomba ini terdiri atas 6 orang semuanya adalah anak perempuan. Untuk kelas 8 dan 9 lomba pindah bola hanya dilakukan sampai semifinal karena waktunya tidak cukup. Namun, tetap lomba akan dilanjutkan pada hari berikutnya . Sedangkan untuk kelas 7 semua lomba yang dijadwalkan untuk hari itu harus sudah selesai karena siswa kelas 7 ada pembelajaran. Pemenang lomba pindah bola dari kelas 7 adalah juara 1 kelas 1.7, juara 2 kelas 1.8, juara 3 kelas 1.6, untuk kelas 8 juara 1 kelas 3.6, juara 2 kelas 3.10, juara 3 kelas 3.3, dan kelas 9 juara 1 kelas 5.4, juara 2 kelas 5.9, dan juara 3 kelas 5.3.

Lomba berlanjut dilanjutkan pada tanggal 18 Agustus. Sebagian lomba yang dilaksanakan merupakan lomba yang belum terselesaikan. Lomba yang dijadwalkan untuk dilaksanakan pada hari itu adalah lomba water electric dan tangkap lele. Lomba dimulai dari anak kelas 7 terlebih dahu, karena siswa kelas 8 dankelas 9 melanjutkan lomba yang belum terselesaikan. Lomba pertama yang dimulai adalah lomba water elektrik yang diikuti oleh setiap anak laki-laki dari setiap kelas yang terdiri atas 6 orang. Permainan ini dilakukan dengan cara mengoper air dari gayung yang diikat di kaki teman yang di belakangnya, permainan ini harus berhati-hati karena jika tidak airnya akan tumpah. Pemenang lomba water elektrik ini dari kelas 7 adalah juara 1 kelas1.4, juara 2 kelas 1.7, juara 3 kelas 1.9, untuk kelas 8 juara 1 kelas 3.10, juara 2 kelas 3.2, juara 3 kelas 3.3, dan kelas 9 juara 1 kelas 5.4, juara 2 kelas 5.2, juara 3 kelas 5.1.

Lomba selanjutnya adalah   lomba tangkap lele. Lomba ini dipilih karena sangat menarik dan dapat menggali budaya local. Namun, yang bisa merasakan lomba ini hanya anak kelas 7, sedangkan untuk anak kelas 8 dan kelas 9 diganti menjadi lomba pindah bola tangan. Lomba pindah bola tangan tidak kalah meneyenangkannya. Lomba ini diikuti oleh 20 orang dari setiap kelas. Cara permainannya sangat mudah dengan memindahkan bola yang dipegang di atas lalu diteruskan ke teman di belakangnya.

Terakhir,ada lomba best supporter.” Lomba best supporter ini sebenarnya diikuti oleh kelas yang mau saja, tapi diluar dugaan banya kanak kelas 7, 8, dan 9 yang antusias ikut” ucap ketua osis, Dahayu Mirani. Menurut Dahayu “Satu kata buat best supporter adalah PECAH” karena setiap kelas banyak yang ikut dan antusias dengan menggunakan atribut supporter  seperti membawa drum, membuat spanduk nama kelas, membuat yel-yel dan sebagainya. Pemenang lomba best supporter ini hanya   diambil dari kelas 9 saja, karena kelas 9 bisa dibilang yang paling menarik. Pemenang lomba best supporter ini adalah juara 1 kelas 5.3, juara 2 kelas 5.8, dan juara 3 kelas 5.7.

Setelah semua lomba sudah terlaksana dengan baik dan lancar, pada tanggal 20 Agustus diadakan pensi penutupan untuk event hari kemerdekaan. Pensi ini bisa dibilang lebih berbeda, karena bukan hanya menampilkan bakat yang dimiliki setiap siswa spensased, namun menampilkan berbagai demo ekskul yang ada di sekolah. Eksktrakurikuler yang mengikuti demo ekskul ini adalah paskibra, jurnalistik, MPR, bahasa Jepang dan lainnya. Lalu pada hari Seninnya pada tanggal 22 setelah upacara bendera semua pemenang diumumkan dilanjutkan  pembagian hadiah. Setelah itu mereka kembali ke kelas masing-masing.-Anggia AP-

Share