SMP Negeri 1 Sedati Merefleksi Tahun Baru Islam 1442 H

Tahun Baru Hijriyah atau Tahun Baru Islam merupakan hari yang penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi tepat 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Tahun ini, Tahun Baru Islam 2020 atau 1 Muharram 1442 Hijriyah jatuh pada Kamis, 20 Agustus yang momentumnya sudah pasti disambut oleh umat muslim di seluruh dunia.

Perayaan menyambut 1 Muharram biasanya banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim seperti pengajian, diskusi, seminar keagamaan, muhasabah, dan sebagainya. Seperti halnya SMP Negeri 1 Sedati yang sangat bahagia menyambut Tahun Baru Islam meskipun ditengah pandemi saat ini. Perayaan tahun ini jelas berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena situasi sekarang yang tidak memungkinkan serta tidak diperbolehkannya untuk mengadakan kumpulan atau beramai-ramai dalam memperingati Tahun Baru Islam ini. Jadi, kali ini kegiatan perayaan diadakan dan dilaksanakan secara daring.

Acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram SMP Negeri 1 Sedati jatuh pada Selasa, 25 Agustus 2020 dengan tema “Refleksi Tahun Baru 1442 H, Hijrah untuk Memperkuat Solidaritas dan Persatuan Menghadapi Pandemi Covid-19”. Kegiatan tersebut turut mengundang Ustadzah Hj. Nikmatul Lailiyah, M. Pd. I (Da’iah Muda Indonesia MNCTv dan Staf pengajar Lembaga Kursus Al Quran Al Falah menjelang tahun 2020).

smpn 1 sedati - peringatan 1 muharram 1442h

Acara dimulai pukul 08.00-10.00 WIB di ruang kelas 3.1 dan 3.2, dipandu oleh pembawa acara andalan SMP Negeri 1 Sedati, yaitu ibu Risa Esti Wulandari, S. Pd. Grup Banjari Al-Nur Spensased dibawah bimbingan ibu Aroftur Rochmah, M. Pd. I sebagai pengawal acara, lalu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Ananda Halwa (Kelas 5.5), dilanjutkan sambutan dari ibu Dr. Netti Lastiningsih, M. Pd. Kemudian, acara inti yaitu tausiyah oleh Ustadzah Hj. Nikmatul Lailiyah, M. Pd. I dan diakhiri dengan do’a bersama yang dipimpin oleh ustadzah.

smpn 1 sedati - 1 muharram 1442h

Meskipun diperingatinya Tahun Baru Islam tahun ini ditengah pandemi, tidak menyurutkan semangat siswa-siswi, ibu/bapak guru, orang tua serta warga SMP Negeri 1 Sedati lainnya untuk berbahagia bersama. Melalui 2 akses daring (Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube SMP Negeri 1 Sedati) mereka bersama-sama menyaksikan acara. Namun, untuk zoom meeting hanya dikhusukan bagi 5 siswa-siswi perwakilan setiap kelas. Lebih kurang total ada 160 siswa perwakilan yang mengikuti acara tersebut via zoom, sedangkan siswa-siswi lainnya mengikuti acara tersebut melalui youtube. Begitu juga dengan ibu/bapak guru yang bisa memilih bergabung via zoom atau live streaming. Selain itu, juga ada lebih kurang 10 guru sebagai perwakilan yang ikut serta dalam ruangan acara. Kegiatan yang berlangsung 2 jam tersebut juga di review oleh siswa-siswi dalam bentuk resume yang dikumpulkan kepada guru agama masing-masing kelas melalui link yang sudah disediakan.

Share