Ulangan Harian CBT yang Keren

Oleh : Pak Wiwit Wihandoko

Pagi ini, Kamis (9/8/2018) saya awali mempersiapkan siswa kelas III.7 untuk ulangan harian Bahasa Indonesia menggunakan CBT yang pertama. Adapun materi ulangan yaitu teks berita. Selain siswa kelas III.7, siswa kelas III.8 dan III.9 juga saya siapkan ulangan harian  CBT sesuai jadwal. Sebelumnya, kelas program 4 semester III.10 dan III.11 sudah lebih dulu melaksanakan ulangan harian CBT, tepatnya 4/8/2018. sebelum siswa melaksanakan ulangan CBT, sudah saya informasikan bahwa mereka harus menggunakan perangkatnya masing-masing.

Mengapa ulangan menggunakan CBT? Mari kita simak ya! Menanggapi kemajuan teknologi, kegiatan penilaian harian atau ulangan di SMPN 1 sedati pun tidak lagi hanya mengandalkan sistem konvensional. Jika selama ini guru menggunakan cara konvensional  paper based test (PBT). Namun, sejak 2017, beberapa guru sudah menerapkan penilaian sistem computer based test (CBT). CBT pun berhasil dengan sukses diterapkan di SMPN 1 Sedati ketika penilaian akhir semester genap, Mei 2018.

Tujuan saya menggunakan CBT saat ulangan harian agar saya (sebagai guru) maupun siswa memanfaatkan fasilitas di sekolah. Selama ini, siswa yang terbiasa ulangan harian menggunakan PBT mungkin masih merasa canggung bahkan berdebar ketika ulangan beralih ke CBT. Namun, mereka akan terbiasa bahkan akan lebih nyaman menggunakan CBT daripada PBT.

Sistem computer based test  (CBT) merupakan penilaian atau ujian yang dilaksanakan dengan menggunakan komputer atau HP. Karakteristik CBT menggunakan jaringan internet/wifi khusus yang sudah terpasang pada masing-masing kelas. Pada aplikasinya tersedia soal, kolom jawaban, waktu. Selain itu, sistem skoring atau koreksi langsung dilakukan oleh komputer. Adanya CBT ini, membuat ulangan menjadi keren. Ulangan sudah tidak direpotkan menyobek, meminta, atau membeli kertas. Tentunya aplikasi ini memiliki beberapa manfaat bagi siswa, yaitu sebagai berikut.

  1. Digunakan saat ulangan harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, tryout sekolah, dan informasi tugas siswa, sehingga tidak tergantung pada penggunaan kertas yang akhirnya menciptakan limbah.
  2. Siswa terbiasa memanfaatkan teknologi secara posistif dan mengakses dengan mudah melalui wifi di sekolah.
  3. Siswa terlatih dan terbiasa menggunakan aplikasi ujian, sehingga tidak kaget saat menghadapi UNBK, atau tes online saat memasuki perguruan tinggi atau dunia kerja.
  4. Siswa dapat melihat langsung nilai yang diperoleh beserta analisis butir soalnya.
  5. Bersaing positif dengan siswa sekolah lain dalam kegiatan pembelajaran yang canggih.
  6. Melatih kemandirian dan percaya diri.

Aplikasi ini juga bermanfaat bagi guru, yaitu sebagai berikut.

  1. Menginformasikan dan memantau penugasan siswa dengan mudah.
  2. Terlatih dan terbiasa memanfaatkan fasilitas sekolah.
  3. Menilai dan menganalisis nilai  siswa tanpa harus mengoreksi
  4. Mendukung program adiwiyata dan mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan
  5. Bersaing positif dengan guru sekolah lain dalam kegiatan pembelajaran
  6. Melatih dan mengembangkan kreativitas

Selain memiliki manfaat di atas, CBT dapat dilaksanakan fleksibel. Siswa dapat mengerjakan soal di dalam kelas atau luar kelas (seperti yang terdapat pada foto). Coba lihat gaya mereka saat ulangan. Ada yang serius, wajah tegang, bersandar santai, berselonjor, bahkan ada yang sampai mengerjakan sambil tidur. Saya sengaja melaksanakan ulangan harian CBT di luar kelas, agar mereka bisa bersantai. Tetapi, bagi mereka yang ingin mengerjakan di dalam kelas juga saya persilakan.

Wah, selain pelaksanaannya mudah dan keren, ternyata juga sebagai pendukung program adiwiyata.  Jika sudah tersedia fasilitas keren di sekolah, yuk kita manfaatkan dengan baik. Jangan khawatir jika kita mengalami kesulitan. Ada Pak Wahyu sebagai kepala IT dan Mas Iqbal yang tidak diragukan lagi kemampuannya. Mereka dengan senang hati membimbing kita bahkan siap menciptakan ide baru dalam pemanfaatan teknologi di sekolah kita tercinta. Yuk, kita terapkan di SMP Negeri 1 Sedati agar sekolah kita semakin unggul.  Semoga Spensased selalu jaya. Amin.

Share