Lingkungan SMP Negeri 1 Sedati adalah lingkungan sekolah adiwiyata. Sekolah yang bersih, sejuk, nyaman dan peduli terhadap lingkungan. Hakekat adiwiyata memiliki arti “Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan”. Untuk itu sekolah yang baik adalah sekolah yang tidak hanya mengutamakan proses belajar mengajar, tetapi juga memperhatikan kesehatan lingkungan sekolah.

Adiwiyata merupakan salah satu impian sekolah pada umumnya, hal itu disebabkan karena sekolah ingin mengembangkan lingkungan belajar yang layak dan nyaman guna mengembangkan visi dan misi sekolah. Lingkungan yang nyaman mampu mempengaruhi kualitas prestasi siswa menuju perkembangan yang lebih baik. Oleh karena itu kini beberapa sekolah di Indonesia mengembangkan dan menerapkan program adiwiyata, selain dari alasan yang disebutkan di atas juga karena kondisi bumi yang semakin memprihatinkan sehingga mendorong manusia secara global untuk melakukan tindakan penyelamatan, hal itu bisa diterapkan dalam lingkup kecil seperti sekolah dan lingkungan sekitar.

Maka sebuah langkah yang tepat jika membuat program sekolah berbasis lingkungan, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula. Lingkungan yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan institusi pendidikan kapanpun dan dimanapun. Program adiwiyata bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, maka sangat tepat sekali jika menerapkan Konsep 3R dalam Lingkungan. Konsep 3R, Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan Kembali), Recycle (Mendaur Ulang).

Dengan menerapkan konsep 3R tersebut tentu dapat ikut serta dalam melestarikan dan memelihara lingkungan agar tidak rusak atau tercemar. Siapa pula yang harus memperbaiki lingkungan, kalau bukan kita sendiri.