SMP Negeri 1 Sedati semakin berbenah setelah dinyatakan lolos menuju sekolah adiwiyata tingkat provinsi. segala persiapan dilakukan untuk semakin menghijaukan lingkungan SMP Negeri 1 Sedati. tak cuma itu saja, banyak hal yang dilakukan warga SMP Negeri 1 Sedati untuk membuat lingkungan sekolah menjadi lebih baik.

Penilaian atau verifikasi lapangan yang dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Oktober 2021 menjadi catatan sejarah tersendiri bagi SMP Negeri 1 Sedati dalam rangkaian menuju sekolah adiwiyata. Verifikasi lapangan yang dilaksanakan pada musim kemarau tidak menyurutkan semangat warga sekolah untuk tetap menjaga lingkungan tetap hijau dan asri.

Usaha untuk menjaga lingkungan sekolah tetap nyaman dan asri diharapkan bisa memberikan inspirasi positif uantuk seluruh warga SMP Negeri 1 Sedati supaya bisa menjaga lingkungan tetap indah. Banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya: memilah dan membuang sampah pada tempatnya, merindangkan lingkungan sekitar tempat tinggal, menanam tanaman toga di pekarangan rumah dan banyak hal positif lainnya yang bisa menjadikan bumi ini tetap terjaga baik untuk masa depan.