Hai sahabat Medisti! Tahukah kamu bahwa sekolah kita mengadakan program studi banding? Yap! Akan tetapi disini kita akan menyebutnya dengan studi persahabatan, ya!

Hari Selasa, tanggal 25 Januari 2022, sekolah kesayangan kita mengadakan program Studi Persahabatan dari Sekolah Mitra ke SMPN 1 Sedati, yang membahas tentang Kurikulum Prototipe dan Pembelajaran Proyek dalam Sekolah Penggerak Adiwiyata, Gerakan Literasi Sekolah. Acara ini dihadiri oleh sekolah SMP 4 Waru dan SMP 3 Krian.

Yuk, simak keseruannya!

Studi Persahabatan diselenggarakan di aula. Sekolah kita juga membuat beberapa pajangan karya siswa dan guru, seperti: hand sanitizer dari daun sirih, kerajinan bando, tempat tisu, macam-macam bentuk clay, juga lilin aroma dari kulit jeruk. Ada pula puisi-puisi yang menggantung cantik di pohon hias. Selain itu juga ada beberapa buku karya warga SPENSASED, Medisti, modul, dan masih banyak lagi.

         

Tamu datang pada pukul 08.30 lantas melihat-lihat karya yang terpajang apik di meja maupun mading di aula. Disambut pula dengan video hari guru dan juga video lomba gamelan dari tim “Laras Suara SPENSASED”.

Kala itu, Dr. Netti lastiningsih, M. Pd一selaku kepala sekolah SMPN 1 Sedati一melakukan sambutan untuk para hadirin. Acara pun dimulai pukul 09.15 dan selanjutnya terdapat penampilan dari Tim Band sekolah yang membawakan beberapa lagu. Pembukaan acara juga mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

MC atau yang biasa disebut sebagai pembawa acara juga membawakan 4 macam bahasa. Di antaranya, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Jepang, dan Bahasa Inggris. Keren sekali ya! Lalu, acara pun dilanjutkan dengan penjelasan tentang materi Pelajar Pancasila.

Serta dilanjutkan dengan menjelaskan tentang sekolah Adiwiyata dan tujuan-tujuannya, materi ini disampaikan oleh SMPN 1 Sedati yang meraih prestasi sebagai sekolah adiwiyata, yakni pada tahun 2021 meraih sekolah adiwiyata tingkat Sidoarjo.

Materi selanjutnya menjelaskan tentang program yang melibatkan orang tua, yaitu galonisasi, artinya pihak sekolah menyediakan sejumlah galon, sehingga siswa-siswi dapat menikmati air minum dengan gelas atau tumbler masing-masing.

Selanjutnya, pak Wahyu juga menjelaskan tentang visi SMPN 1 Sedati, yaitu:

Beriman, Bertaqwa, Berkarakter, Berprestasi, dan Peduli Lingkungan.

Di mana setiap siswa-siswi harus menanamkannya pada diri sendiri. Seperti pada halnya salah satu visi Peduli Lingkungan; murid tidak hanya berwawasan lingkungan, tetapi juga melakukan aksi dengan menjaga dan merawat lingkungan sebaik mungkin.

Pembahasan berlanjut pada GLS atau Gerakan Literasi Sekolah, yaitu kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/ atau berbicara.

Beberapa prestasi dalam bidang ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Buku karya siswa ANTOLOGI PUISI
  2. Buku karya siswa ANTOLOGI CERPEN
  3. Buku karya guru ANTOLOGI PUISI
  4. Buku karya guru ANTOLOGI CERPEN
  5. Juara II Lomba Menulis Cerpen Tk. Nasional
  6. Juara I Lomba Video Cerita Budaya Desaku Tk. Kab. Sidoarjo & Penghargaan untuk Pojok Baca Terbaik Antar Kelas
  7. Penerbitan Majalah Sekolah MEDISTI setiap semester satu kali

Selanjutnya terdapat penyerahan buku Implementasi dan Manajemen Gerakan Literasi Sekolah yang ditulis oleh Dr. Netti lastiningsih, M. Pd kepada kepala sekolah SMP Negeri 4 Waru dan SMP Negeri 3 Krian.

         

Pukul 11.45 acara berakhir dan ditutup oleh doa. Setelahnya penampilan dari Tim Band juga mengharmonisasi suasana menjadi lebih hangat.

Nah, sahabat Medisti, acara Studi Persahabatan seru sekali kan! Dan kami juga berterima kasih untuk sahabat Medisti yang telah menyimak artikel dengan baik. Terima kasih yaaaa!! Mohon maaf apabila ada salah kata karena yang Sempurna itu lagunya Andra and The Backbone. Jadii, sampai jumpa di artikel kami berikutnya, byee!