Oleh: Sherin, Nayla dan Desinta

Hola hola sahabat MEDISTI! Kembali lagi dengan edisi terbaru nih. Oh iya, artikel ini dibuat pada saat bulan Ramadhan loh! Jadi, selamat melaksanakan ibada puasa untuk teman-teman yang melaksanakan yaa! Semoga amal puasa kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin ya rabbal alamin.

Di bulan Ramadhan ini seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Di samping itu, seluruh umat muslim juga berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan di bulan yang penuh berkah ini. Seperti menolong sesama, saling berbagi dan belajar tentang arti peduli.

Pada tanggal 15 April 2022, SMP Negeri 1 Sedati mengeluarkan edaran “KBM Ramadhan” berupa file dokumen. Dokumen tersebut berisi tentang jadwal siswa-siswi muslim yang akan mengikuti pondok Ramadhan serta informasi mengenai zakat.

Siswa dan siswi muslim semester 2,4,6 dan program semester 4 akan melakukan zakat fitrah yang biasa dilakukan oleh umat muslim lainnya. Zakat yang diberikan dapat berupa uang tunai sebesar Rp. 35.000 atau berupa beras dengan berat 2,6-3 kg. Zakat tersebut dapat dibayarkan melalui panitia “Pesantren Ramadhan” yang dikoordinatori oleh Bapak Zainul Abidin. Atau bisa melalui guru Agama Islam. Penyerahan zakat fitrah dimulai dari hari Rabu-Kamis, 06-14 April 2022.

 

Sebelum membayarkan zakat, siswa dan siswi akan dibantu untuk membaca niat zakat fitrah oleh bapak/ibu guru:

 

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

 

NAWAYTU AN UKHRIJA ZAKAATA AL-FITRI ‘AN NAFSI FARDHAN LILLAHI TA’ALA

 Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Ta’ala.”

 Setelah membaca niat, zakat diserahkan dan akan diterima oleh bapak/ibu guru. Maka dengan itu, kita telah membayarkan zakat di bulan Ramadhan. Keutamaan membayar zakat ini yaitu: diampuni dosa-dosanya, sebagai jembatan masuk surga, menghapuskan kesalahan, harta lebih berkah, memperoleh pahala terbaik dan lain-lain. Aamiin ya rabbal alamin.

Lalu pada hari Sabtu 16 April 2022, jumlah zakat yang telah diberikan ke bapak/ibu guru akan ditukarkan seluruhnya berupa beras. Pembagian zakat diberikan kepada kurang lebih 138 siswa dan siswi SMP Negeri 1 Sedati secara merata bagi yang membutuhkan. 138 siswa-siswi tersebut, akan berkumpul di depan loket pembayaran/bank sekolah untuk mendapatkan bagian zakat.

Tujuan diadakannya zakat fitrah ini adalah yakni mengeluarkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi yang mengeluarkannya dan berpuasa dari amalan yang sia-sia selama Ramadan dan juga sebagai sarana untuk saling tolong menolong kepada orang yang membutuhkan agar mereka mendapatkan hal yang layak di Idul Fitri.

Semoga ibadah yang kita perbuat di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT. Teruslah berbuat kebaikan, karena tidak rugi juga kita membuat orang lain bahagia. Sekian artikel ini kami buat, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.